Love Puzzle - Di antara Kepingan Puzzle Cinta dan Jati Diri







First Sight

Judul Buku        : Love Puzzle
Penulis              : Eva Sri Rahayu
Penerbit             : Noura Books
Terbit                : November 2013
ISBN                : 978-602-1606-04-9
Tebal Buku        : 286 halaman
Ukuran Buku     : 13x19 cm
Jenis Cover       : Soft Cover
Harga Buku       : Rp49.000,-

A brief about the writer

Siapa sih Eva Sri Rahayu itu? Dia adalah seorang gadis Lulusan Universitas Pendidikan Indonesia, Jurusan Teknologi Pendidikan. Selalu merasa hidup di dua dunia (nyata dan fantasi). Obsesinya adalah menjadi petualang dan penjelajah waktu. Novelnya yang sudah terbit berjudul “I’m Not an Underdog” (bukupop, 2006), “Dunia Trisa” (Stiletto Book, 2011), dan Love Puzzle (Noura Books, 2013).

Dunia Trisa vs Love Puzzle

    Sesuai dengan obsesi penulis menjadi petualang dan penjelajah waktu mungkin kedua novel ini merupakan pencapaian Eva. Perjuangan dalam meraih mimpi yang diselipkan secara tersurat di dalam novel Dunia Trisa dan tersirat di dalam novel Love Puzzle.
     Apabila di dalam novel Dunia Trisa diceritakan perjuangan Trisa yang ingin mewujudkan impiannya menjadi aktris terkenal, maka di dalam Love Puzzle diceritakan secara tersirat impian Rasi menjadi seorang fotografer dan impian Raja menjadi komikus.
     Kisah cinta yang dikemas secara apik dengan dibumbui mimpi - mimpi yang membuat kita tidak akan bosan membacanya.
      Penceritaan tokoh Trisa yang jatuh bangun dalam meraih mimpinya tapi tidak pernah menyerah membuatku kagum banget sama semangatnya. Karena meraih impian tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. 

“Selama ini, aku selalu percaya bahwa dalam hidup ‘selalu ada kesempatan kedua. Jika kesempatan itu gak pernah datang lagi, berarti kita yang mesti buat kesempatan!’.” ― hal. 160

Sedangkan di dalam novel Love Puzzle diceritakan karakter Raja yang berusaha untuk meraih mimpinya menjadi seorang komikus meskipun kedua orang tuanya tidak pernah mengabulkan keinginan itu. Obsesi orangtua yang ingin menjadikannya dokter sangat membuatnya tertekan. Hingga dia melampiaskannya dengan bergabung dalam geng motor dan akhirnya setelah kematian saudara kembarnya dia memutuskan untuk menjadi seorang komikus dimana dia bisa melampiaskan kerinduannya pada saudaranya.

Aku mulai menciptakan iskandarku sendiri. Hanya dalam komik aku bisa bersamanya, membuatnya seakan masih hidup…” – hal 216



What's the same? 



      Setelah membaca novel ini, aku jadi teringat drama Korea kesukaanku ang berjudul You’re Beautiful. Mungkin, sedikit banyak novel ini agak mirip dengan serial drama You're Beautiful. Drama ini menceritakan tentang dua saudara kembar bernama Go Mi Nam dan Go Mi Nyeo. Kisah You’re Beautiful sendiri berawal dari pimpinan A.N entertaiment yang berencana menambah satu anggota baru untuk band A.N.JELL bernama Go Mi Nam (Park Shin Hye). Namun, Go Mi Nam saat itu sedang menjalani operasi plastik di luar negeri sehingga tidak bisa menandatangani kontrak sekaligus tampil di depan umum. Akhirnya, manajer Ma membujuk Go Mi Nyeo, seorang calon biarawati dan notabene adalah saudara kembar Go Mi Nam, untuk menggantikan posisi kakaknya tersebut. Selama menyamar menjadi Go Mi Nam.
        Hanya saja, di dalam novel ini Alex menggantikan posisi Iskandar yang sudah tiada dan tak akan pernah kembali lagi. Dia benar - benar merasakan bahwa dirinya sendiri sudah mati bersama dengan kematian Iskandar.Sangat berbeda dengan tokoh Go Mi Nam yang pada akhirnya kembali untuk menggantikan posisi Go Mi Nyeo lagi.
        Aku membayangkan kalau seandainya novel ini di filmkan, bakalan seru pastinya.
 

Blurb dan Sinopsis

Rasi seakan menemukan potongan potongan misteri yang tiba-tiba hadir mengusik hidupnya. Dia berusaha untuk memecahkan misteri yang kerap kali membuat jantungnya berdegup degup.

Terjebak diantara dua pria berwajah sama dengan kepribadian berbeda membuatnya bingung. Siapakah cowok itu? Apakah keduanya orang yang sama? Tapi kenapa ucapan keduanya saling berhubungan?

Kisah Rasi seakan seperti teka teki yang harus dipecahkan bak potongan puzzle yang harus disatukan hingga kita tahu apa makna dibalik semua misteri itu.

*
Rasi, seorang gadis pemberani yang sama sekali tidak takut dengan hantu karena sewaktu kecil pernah didatengin hantu

“Kata mama waktu kecil aku pernah didatengin hantu”

“Makanya, kalau ada hantu yang datang, aku enggak takut …” (prolog)

Rasi, seorang gadis anggota klub madding yang sangat mencintai dunia fotografi tiba – tiba saja bertemu dengan seorang cowok misterius di atap BIM. Cowok misterius itu ternyata bernama Raja.

Karakter Raja yang terkadang baik dan terkadang menyebalkan membuat Rasi kebingungan. Hal aneh ketika dimanapun Rasi berada dia selalu bertemu dengan Raja namun dengan sifat yang berubah-ubah membuat Rasi merasa kalau keduanya adalah orang yang berbeda.

 “Denger ya, aku nggak kenal kamu!” geram Raja penuh penekanan. – hal 21

Sosok Raja yang digambarkan telah kehilangan jati dirinya merasa bahwa dirinya telah mati.

“Dia bukan hantu, bukan juga manusia. Dirinya hanyalah tubuh yang hidup tanpa tujuan dan impian, juga tanpa identitas. – hal 60

Perasaan Rasi terhadap Raja mulai tumbuh seiring berjalannya waktu.

Meskipun tidak mau akhirnya Rasi mengakui kalau dia memang cemburu. (hal 81)

Insiden di lapangan basket ketika tangan Rasi terluka ketika sedang berlatih basket dengan Raja menguak kembali masa lalu Raja ketika dia melukai tangan Ayara, seorang gadis yang dicintainya.

Bak malaikat cupid yang menembakkan panah cinta tepat di hatinya, perasaan Rasi terhadap Raja semakin bersemi. Di lain sisi ketika Rasi tahu kalau Raja adalah cowok yang disukai Ayara dan Ayara adalah cewek yang selama ini Raja cintai membuat hatinya bingung dan sesak. Dia memutuskan untuk menepis perasaannya terhadap Raja demi sahabatnya.

Begini rasanya kehilangan bahkan ketika tidak pernah memiliki. - hal 140

Maksud hati Rasi ingin mengunjungi kos Raja tapi malah Rasi mendapatkan informasi kalau ternyata Raja adalah penulis komik Rescue Me yang ternyata adalah cerminan dari kehidupan Raja yang sebenarnya.

“Coba baca komik ini. Seru. Dan kamu bakal dapetin sebuah pesan.” – hal 50

Cowok yang satu itu memang sukses membuat Rasi bingung dengan sikapnya yang terkadang lembut, jutek, ramah, juga menyebalkan dan kasar. Begitu pun juga perasaan Raja, kehadiran Rasi memberi warna baru dalam hidupnya. Kebersamaan membawa mereka memasuki labirin misteri yang penuh teka-teki bak susunan puzzle.

Semakin banyaknya potongan puzzle yang muncul di kehidupan Rasi membuatnya harus menyusun menjadi satu kesatuan utuh. Sebuah artikel di internet tentang seorang pemuda yang bunuh diri kerena stres membunuh membuat Rasi semakin yakin kalau Raja yang selama ini dia temui adalah dua orang yang berbeda. Sekelumit puzzle yang satu per satu muncul memandunya untuk memecahkan semua teka teki.

Inside
Tema
Aku menyukai tema cinta dan jati diri di dalam novel ini. Obsesi kedua orangtua dalam memaksakan impian kepada anaknya tegambar jelas di dalam novel ini. Kebingungan jati diri yang dialami oleh karakter Alex atau Raja di dalam novel ini ketika semua orang bahkan keluarganya sendiri menganggap dia sudah mati membuat hidupnya seakan berantakan dan tidak jelas. Dirinya sangat merindukan kasih sayang kedua orangtuanya yang bahkan tak menganggap dirinya ada. Hingga Rasi hadir dalam kehidupannya kemudian membantunya untuk menemukan jati dirinya kembali.

Kehadiran sosok Iskandar dengan cara yang misterius membuat novel ini menjadi agak horor tapi justru semakin asyik untuk dibaca.

Setting
Sebagian besar terjadi di BIM. Tempat yang sangat misterius sekaligus berkesan. Labirin tempat dimana Alex dan Rasi pertama kali bertemu sekaligus tempat Alex dan Iskandar menghabiskan waktu kecilnya bermain bersama.

Gaya bahasa


Aku suka diksi yang dipakai oleh penulis seperti potongan – potongan quote dalam novel ini.

“Rasi terlonjak kaget dan reflex mambalikkan badan, membuat rambut shaggy sebahu dan poni miringnya ikut melambai searah gerakannya” – hal 16

Ketika kakinya mencapai puncak tangga, udara sejuk menerpa wajahnya, membuatnya merasa segar. – hal 50

Selalu ada sepi yang menelusup, membuat udara di sekelilingnya terasa dingin. Hatinya terasa diiris iris pelan hingga menimbulkan sakit dan ngilu – hal 118

Sudut Pandang:
Dalam menulis novel ini, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga. Penceritaan tokoh Rasi menggunakan sudut pandang orang ketiga patut diacungi jempol karena menurut aku menghidupkan tokoh dengan sudut pandang orang ketiga tidaklah mudah. 

Alur:

Penulis menggunakan alur maju mundur. Beberapa adegan dalam novel diceritakan menggunakan setting waktu sekarang kemudia flash back ke masa lalu dan kembali lagi ke masa kini.  Mungkin pertimbangan penulis di dalam menentukan alur cerita adalah untuk memberikan clue kepada pembaca untuk mengobati rasa penasaran di setiap puzzle dalam novel ini.

Outside


 Cover buku yang membuat mata ini tiada pernah merasa bosan mungkin menjadi satu di antara kelebihan dari novel Love Puzzle. Ilustrasi gambar di beberapa part membuat novel ini kian menarik mengingat jarangnya ilustrasi gambar pada novel - novel yang aku baca.


Aku rada kecewa dengan penggambaran karakter teman teman Rasi yang hanya muncul di bagian bagian awal saja. kemanakah perginya mereka di bagian akhir cerita novel ini?. Sementara penonjolan tokoh hanya pada Rasi, Raja, dan Ayara saja. Mungkin bisa diceritakan lebih terutama tentang kelanjutan kompetisi siswa berprestasi di sekolah mereka.
Di dalam novel ini aku merasakan bagaimana cinta yang dimiliki mbak Eva terhadap mbak Evi begitu besar dengan penggambaran tokoh kembar yaitu Alex dan Iskandar yang saling menyayangi satu sama lain.

Good? 
Meskipun novel ini adalah novel teenlit tetapi menurut aku novel ini sangat cocok juga untuk dibaca oleh orangtua karena hingga kini masih banyak orangtua yang berobsesi memaksakan cita-cita anaknya sehingga membuat anaknya merasa terbebani.
Penceritaan tentang saudara kembar yang memiliki ikatan batin yang sangat kuat digambarkan dalam novel ini  secara apik.
"Tanpa sadar dia diberi petunjuk pada Red menuju lokasi dimana Iskandar berada". - hal 191

Banyaknya typo yang aku temukan dalam novel ini  seperti: 

Hal 16 : awan berwarna biru? seharusnya langit berwarna biru
Hal. 18 : pengin, seharusnya pengen
Hal. 32 : kelakukan, seharusnya kelakuan
Hal. 74 : familier, seharusnya familiar

Dan beberapa typo yang lain yang mungkin agak mengganggu mata. Namun, pembaca sedikit banyaknya  lebih fokus terhadap isi cerita yang membuat penasaran. Jadi, typo tidak terlalu mengganggu.
Nilai moral berdamai dengan masa lalu diselipkan dalam novel teenlit ini. Novel ini ringan yang sarat makna di dalamnya. Selain itu, penceritaan bullying yang dialami Aya bisa tergambar dengan jelas sekaligus mewakili isu - isu berkaitan dengan psikologi anak di sekolah.
 Covernya yang sangat eye-catching membuatku tak jemu - jemu melihatnya. Salah satu kepingan puzzle yang diangkat di dalam novel ini yaitu tentang kenakalan remaja akibat masalah keluarga adalah isu yang perlu mendapatkan perhatian dan sungguh senang penulis bisa meramunya dalam cerita yang menarik dan sangat menyentuh. What such an awesome novel! .

Bad? 
Aku merasa bagian prolog sedikit tidak nyambung dengan isi ceritanya. Di situ kenapa malah dijelaskan alasan Rasi tidak takut hantu sementara di bagian isi tidak disinggung sama sekali mengenai hal itu. Aku terus menduga – duga apakah Rasi memiliki six sense sehingga dia bisa melihat Iskandar yang diceritakan sudah meninggal dalam novel ini tapi sama sekali tidak dijelaskan. Selain itu, di puzzle 1 diceritakan bahwa di atap BIM terdapat police line tapi kenapa tidak ada penjaga khusus yang berjaga disitu atau kenapa tempat itu tidak ditutup saja sehingga orang lain tidak bisa masuk. Kalaupun police line itu ada karena kejadian 4 tahun lalu seharusnya sudah tidak ada police line.
Ending yang menggantung. Pada puzzle 2 diceritakan kalau Reta dan klubnya akan mengikti lomba atlet sekolah berprestasi. Namun di bagian selanjutnya tidak disinggung lagi bagaimana kelanjutannya. Mungkin bisa diceritakan kelanjutannya untuk menghidupkan tokoh – tokoh sahabat Rasi yang menghilang di bagian akhir.
Perasaan yang dirasakan oleh Rasi mungkin terlalu cepat jika didefinisikan sebagai perasaan cinta karena pertemuannya dengan Raja masih terbilang terlalu singkat.
“Kenapa ini? Kenapa aku jadi deg-degan begini? Kemarin enggak gini deh waktu ngobrol di atap BIM” – hal 22

 The overall comment
Overall, this novel is good. Banyak sisi bagus dari novel yang patut diacungi jempol terlebih lagi untuk novel ala ala detektif yang terbilang masih jarang di Indonesia. Seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak begitu pula dengan novel ini. Tetapi, sekali lagi cerita di dalam novel ini penuh teka – teki apalagi buat kalian yang suka dengan misteri.

Aku kasih bintang 5 untuk novel ini. 3 untuk ide cerita, 2 untuk nilai moral dalam cerita


 
Recommended banget untuk dibaca :).

Surat dari Aya untuk Iskandar


Dear Iskandar,


Bim, aku udah nemuin pesan kamu di labirin belakang rumahmu.
Terima kasih ya kadonya, aku suka banget. Kado ini bakal aku simpen biar kalau inget kamu aku bisa putar musik ini :’)

Bim, maaf ya kalau selama ini aku bersifat kekanak-kanakan dan belum bisa mengikhlaskan kepergianmu. Tapi sekarang aku udah ikhlas kok. Maaf ya aku udah bikin Alex sedih karena aku selalu menganggap dirimu hidup dalam jiwanya. Sekarang aku udah bisa nerima kalau kamu emang udah benar – benar pergi. Namun, bagiku kamu tetep hidup di hatiku.

Aku tahu kamu pasti gamau ngeliatin diri ke aku selama ini karena sedih ngeliat aku yang bahkan ga menyayangi diri aku sendiri. Aku egois. Kamu pasti pengen banget ngeliat aku hidup bahagia. Sekarang aku pengen ngejalanin hidup aku dengan bahagia. Terima kasih Bim bim, terima kasih Iskandar.

With love,

Ayara




Sebelum membaca novel ini, bisa nonton Book Trailer nya terlebih dahulu :)







Review ini diikutsertakan dalam Lomba Review Love Puzzle yang didukung oleh:



http://www.smartfren.com/ina/home/

www.noura.mizan.com







3 komentar:

Dina Fauziah "Ayyash" Sofian ^_^ mengatakan...

Novel LOVE PUZZLE, adalah novel alternatif yang tak hanya menghibur tapi juga mendidik kita sebagai anak muda. Bahasa yang digunakan mengalir dan sangat mudah dicerna untuk semua kalangan. Novel ini mengajarkan kita banyak hal untuk terus memperjuangkan mimpi-mimpi kita sesulit apapun rintangan dan hambatn yang kita hadapi. Karena tantangan, dan hambatan akan menjadi bumbu penyedap dalam perjuangan kita.


Novel ini menajdi penting untuk disantap mengingat potensi anak muda untuk terus produktif di usianya yang masih muda.


Nice review silvi, tidak sabar untuk membaca seluruhnya :)

revy mengatakan...

Novel ini menjadi sangat inspiratif manakala saya membaca tulisan Silvi. Semua terasa seperti motivasi (lecutan) saya untuk terus membaca hingga akhir. Novel ini unik dan peresensi mampu menyediakan sisi indah terhadap novel dengan karakter tokohnya masing-masing.

Anonim mengatakan...

Terima kasih reviewnya, Silvi ^_^
Waaw, dibikinin surat dari Ayara. Kreatifnya XD

Posting Komentar